Mengenal File Apk Android

Seperti biasanya, di awal sebuah postingan, saya selalu membuka dengan kata kata “Dipostingan Kali ini ” akan mengatakan sedikit pengetahuan seputar Android yang biar saja menambah wawasan sobat,
pengetahuan ini saya dapatkan dari banyak sekali sumber tetapi saya kreasikan sendiri dengan menambah dan menghapus sedikit hal-hal yang mungkin tidak menyangkut hubungannya. Sobat sudah siap!. Sudah?, Ayo Kita mulai.
Apa Itu APK?

Android Package atau yang disingkat dengan APK yaitu sebuah paket aplikasi pada Android. Sesuai dengan kepanjangannya yaitu “Android Package” yang artinya  “Paket Android”, coba kita lihat kenapa mampu disebut paket, kenapa bukan file?. Tapi sebelum itu kita bahas dulu yang mudah-mudah. Jika kita kaitkan dengan lainnya, File APK itu ibarat dengan file Zip kalau teman tidak percaya coba saja ekstrak file apk dengan winrar, atau root explorer asal jangan sama Dora The Explorer :D.

Jika pada file Zip terdapat istilah Compress dan ekstrak, maka ada istilah yang sama juga di file Apk yaitu Compile dan Decompile tapi kita tidak membahas ini lantaran menyangkut pemrograman, dan saya sendiri juga baru berguru J.

Beberapa hal pasti muncul dalam pikiran teman dikala saya menyebutkan bahwa file APK itu ibarat dengan ZIP, “apa kita mampu dengan sangat mudahnya mengedit sebuah aplikasi hanya dengan mengekstrak saja” dan jawabannya tidak. Tapi jikalau teman sudah menguasai beberapa ilmunya itu sangat simpel bagi sobat.

Dari Mana Kita Mendapatkan File APK?

Saat teman mendownload sebuah aplikasi di Play Store maka teman tidak akan tau dimana file apk nya?, pertanyaan ini muncul dikala saya mengenal file apk kemudian saya galau dikala mendownload aplikasi lewat playstore, dimana file apknya?, lantaran tanpa apk kita tidak mampu mengirimkan aplikasi. Nah sejumlah aplikasi mungkin mampu membantu sobat, selain itu teman juga mampu menemukannya didirektori data/app. Kenal lebih jauh yuk.

Structure file APK

Kembali lagi ke file zip, pada file zip pasti terdapat sebuah file. Nah sama ibarat file apk, file ini memiliki sebuah file yang menjadi sebuah fondasi dalam sebuah apk. Beberapa structurenya antara lain:

1. Android Manifest.xml : Di file xml ini terdapat sebuah deskripsi dari banyak sekali perintah dan gosip file lainnya. Maksud lebih jelasnya ini sebagai sebuah pemerintahaan dalam sebuah Negara.

2. Build.xml : Ini yaitu sebuah script ant yang tugasnya mengcompile dan menginstalnya dalam device sobat.

3. Bin/ : Disini terdapat hasil apk sobat

4. Res/ : Disinilah letak banyak sekali sumber komponen, ibarat GUI, User Interface, Layout, string gambar dan lain-lain, mampu dibilang ini salah satu yang terpenting juga dalam sebuah aplikasi.

5. src/ : Inilah tempat Activity, direktori inilah yang menjadi sumber class Activity. Ibaratnya Class Activity itu menjadi sebuah aktivitas. Misalnya dikala kita menekan sebuah tombol, maka jaringan data akan aktif.

6. Assets/: Memuat file static yang dikemas dalam aplikasi untuk device.

Sekian postingan dari Android 1 biar bermanfaat untuk sobat. Jika ada pertanyaan silahkan tinggalkan komentar, tapi berkomentarlah yang sopan. Bye...

Sumber Artikel 1 : http://androsobat.blogspot.com
Sumber Artikel 2 : http://rootandroidee.blogspot.com

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengenal File Apk Android"

Posting Komentar